Refleksi & Saran dari tiap-tiap Anggota

Satria Hanafi Rusli :

Saya sangat bersyukur melihat bahwa masih banyak generasi muda yang mau mendengarkan himbauan kami dan ikut peduli pada kelestarian dan kebersihan lingkungan. Anak-anak di RPTRA Manggis terlihat sangat antusias saat mendengarkan sosialisasi mengenai kebersihan yang kami sampaikan. Setelah mendengarkan sosialisasi dari kami, mereka pun segera mempraktikkannya dengan membuang sampah plastik yang baru saja mereka gunakan ke tempat sampah yang sesuai.  Bila mereka yang masih muda saja masih bisa, kenapa kita tidak? Saya bertekad untuk hidup bersih secara fisik dan pikiran untuk menjadi teladan dan demi Indonesia yang lebih maju kedepannya.

Saya menyarankan agar semua orang bisa menjaga lingkungan sehat dan bersih serta memulai kebersihan fisik dan pikiran dari diri sendiri untuk menjadi contoh yang baik kepada anak-anak Indonesia. Dengan ini, kita semua telah membantu dalam menyediakan dan melestarikan lingkungan hidup yang layak dihuni oleh generasi muda yang akan datang.


Alvin Riady :

Sebelum bersosialisasi di RPTRA Manggis saya menilai bahwa anak-anak (target sosialisasi) kami akan memiliki ego yang tinggi. Namun, setelah selesai melaksanakan kegiatan sosialisasi dan gotong royong kami, ternyata mereka amat ramah dan mudah diajak bicara. Mereka juga adalah pendengar yang baik. Saya belajar kembali bahwa tidaklah baik menilai sebuah buku dari sampulnya.

Saya menyarankan agar pemerintah menyediakan wadah khusus untuk masyarakat dari berbagai asal untuk berbaur satu sama lain serta sebagai sarana pendidikan karakter dan umum.


David William :

Saya kagum dengan sikap terbuka yang saya amati dari anak-anak di lokasi kegiatan. Hal ini menyadarkan saya bahwa kebanyakan dari kita saling memisahkan diri karena perbedaan yang merupakan hasil dari keberagaman di sekitar kita., sehingga saya bertujuan untuk menjadi seseorang yang lebih terbuka kepada sesama tanpa memperdulikan perbedaan diantara satu sama lain.

Saya menyarankan untuk menerapkan pendidikan karakter sejak dini agar generasi penerus bangsa dapat tumbuh dan berkembang dengan moral yang baik.


Tommy Willianto :

Saya mulai menyadari bahwa ternyata masih ada banyak anak yang ingin belajar dan peduli terhadap lingkungan sekitar. Pada awalnya, saya mengira bahwa generasi muda sekarang ini sudah tidak peduli lagi dengan kelestarian dan kebersihan lingkungan. Namun, setelah melakukan kegiatan ini, pandangan saya mulai berubah. Saya juga telah merasa berhasil setelah melihat anak-anak mulai membuang sampah pada tempatnya.

Saya menyarankan agar masyarakat di daerah lain dapat memulai inisiatif melestarikan dan menjaga lingkungan agar tetap sehat dan bersih bersama-sama dengan bergotong royong yang tentunya akan menjadi teladan untuk anak-anak sehingga mereka pun juga mulai peduli pada kelestarian dan kebersihan lingkungan.


Wiranata Salim :

Setelah melaksanakan kegiatan ini, kepedulian dan pola pikir saya terhadap orang dan lingkungan sekitar menjadi lebih terbuka. Saya pun senang dapat saling berbagi ilmu dengan sesame.

Saya menyarankan agar pemerintah menanamkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan pendidikan karakter agar masyarakat kita dapat menjadi lebih maju dan sejahtera

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *